Laman

Rabu, 08 Oktober 2008

Apa itu teman?





Pertanyaan itu memang terlihat mudah. Kita tentunya dapat membedakan apa itu teman dengan musuh. Tapi tahukah seperti apa teman itu? Apa yang membedakan teman dengan sahabat? Mengapa kita harus menjalin pertemanan? Tahukah anda seberapa penting arti teman dalam hidup anda?
Sepanjang hidup kita, pernah kita menghitung berapa orang teman yang telah kita miliki? Tanpa kita sadari semuanya itu berlalu begitu saja. Apakah teman harus selalu ada bila diperlukan, mengerti perasaan kita, harus selalu sejalan dengan kita. Saya sering berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan teman terbaik. Apakah seseorang yang menemani hidup kita atau pasangan kita adalah teman terbaik untuk kita. Semuanya itu belum pasti, bisa saja iya ataupun tidak.
Apakah teman selalu memberi pencerahan buat kita, selalu membantu kita, setuju dengan pendapat kita? Menurut saya teman yang terbaik untuk kita adalah yang memiliki persamaan dengan kita. Ternyata pendapat saya itu salah. Apabila kita memiliki teman yang hampir sama dengan sifat-sifat kita, berarti ia akan sama ambisiusnya dengan kita, sama lemahnya dengan kita, sama pandangannya dengan kita. Dan apabila sudah seperti itu berarti nanti hidup kita tidak akan diwarnai lika-liku, lurus-lurus saja tanpa perubahan. Tapi juga bukan berarti ia harus berbeda dengan kita. Karena kalau semakin berbeda semakin dapat merubah hubungan pertemanan kita menjadi permusuhan. Tentunya hal ini tidak diinginkan.
Mencari teman yang pas untuk kita memang susah susah gampang. Semua orang dapat menjadi teman kita, tetapi ingat mereka semua juga dapat menjadi musuh kita. Mencari teman yang baik dapat dilakukan dengan jadilah orang baik dengan siapapun juga. Karena dengan begitu dengan sendirinya kelak kita akan mengetahui siapakah yang pantas menjadi teman yang pas untuk kita. Teman yang baik tidaklah harus sejalan ataupun berbeda dengan kita. Teman yang baik dapat membuat kita menjadi lebih baik. Bertemanlah dengan siapa saja, carilah teman sebanyak-banyaknya karena kita juga yang akan merasakan manfaatnya kelak. Selamat berteman :)





Tidak ada komentar: