Laman

Selasa, 28 Oktober 2008

Bangkit Pemuda Indonesia !!

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk memperingati hari lahir sumpah pemuda ini, banyak yang menyeruakan semangat bangkit, banyak juga yang memberikan bukti nyata kecintaannya kepada tanah air dengan prestasi-prestasi hebat yang mengharumkan nama bangsa. Intinya semua itu tentu menjadi bukti, bahwa masih banyak anak bangsa yang begitu mencintai ibu pertiwi. Hal itu pulalah yang membuat saya akhir-akhir ini kembali sadar betapa beruntungnya saya hidup di tanah yang kaya nan subur ini. Keindahan alam tiada tara dan keanekaragaman sumber daya yang tiada duanya di dunia. Saya sungguh bersyukur dan mencintai Indonesia pusaka ini teramat dalam.
Meski saya tahu, dibalik kemolekan di negeri ini, ada banyak permasalahan yang masih membelenggu. Baik itu permasalahan sumber daya alam ataupun manusianya sendiri yang bila saya uraikan bisa berlembar-lembar, dan saya rasa kalian juga sudah mengetahuinya. Begitu peliknya masalah di Indonesia ini membuat segelintir orang pesimis akan adanya perubahan dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengganti kewarganegaraan dan meninggalkan bangsa tercinta ini. Meski begitu, bangsa ini tidak pernah kesepian, nyatanya masih banyak pemuda yang membelanya dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran untuk kesejahteraan rakyat. Saya menyadari bahwa di luar sana, ada banyak orang-orang hebat yang lebih bersemangat dibanding saya, ada banyak orang yang lebih memperjuangkan kebenaran dibalik semua kemunafikan yang ada daripada saya, ada lebih banyak orang yang lebih berkorban demi keutuhan dan kemajuan bangsa dibanding saya yang belum memberikan apa-apa. Namun begitu, izinkanlah saya (yang baru bangun dari mimpi ini) untuk membuka mata dan membangunkan pemuda yang lain yang belum terbangun dari mimpinya (melalui coretan ini), izinkanlah saya yang bukan siapa-siapa ini berkontribusi untuk bangsa ini (meski hanya melalui tulisan ini), izinkanlah saya yang mencintai dan merindukan kejayaan bangsa ini, untuk memberitahu mereka yang masih acuh terhadap kondisi bangsa ini menyeruakan bahwa INDONESIA MASIH PUNYA HARAPAN UNTUK BANGKIT! Ini belum terlambat saudaraku. Biarlah mereka para pejabat yang mengambil uang rakyat, kita serahkan pada pihak yang berwenang. Itu bukan urusan kita saudaraku, itu urusan dia dengan Tuhan (kalau mereka masih percaya akan Tuhan).
Yang bisa kita lakukan sekarang adalah menyelamatkan generasi kita dan selanjutnya, karena kita lah selanjutnya yang akan mengurusi bangsa ini, karena kita lah yang akan melakukan perubahan dari kebobrokan moral yang terjadi saat ini. Jangan biarkan generasi muda selanjutnya dengan tontonan yang dapat memecah persatuan bangsa, dengan tontonan yang binal yang dapat merusak moral. Jangan biarkan anak bangsa kita tumbuh dengan sikap apati, acuh terhadap perkembangan bangsa ini dan hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Jangan lunturkan semangat juang mereka dengan kenikmatan sesaat tanpa memedulikan sekitarnya.
Bagi saya orang yang kaya itu adalah orang yang berbuat banyak untuk sesama. Kaya disini bermakna luas, tidak hanya kaya harta, tetapi juga kaya pikiran dan tenaga. Orang kaya itu bukan orang yang punya mobil dan rumah banyak lalu duduk diam tanpa melihat kondisi saudaranya yang kelaparan. Orang kaya itu adalah orang yang berbagi, berkorban dan berkontribusi untuk sesama tanpa memandang bulu, untuk kemajuan bangsa meski sedikit. Orang kaya adalah orang yang senantiasa bangkit dan memerangi segala kemiskinan yang ada dan ia paling benci dengan kebodohan dan ketidakpedulian.
Lalu bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah merasa menjadi orang kaya?? (jawablah didalam hati masing-masing!):)
BANGKIT INDONESIA !!
Regards, ibel (psiko UI 08)

Tidak ada komentar: