Laman

Senin, 28 Desember 2009

menulis, menulis dan menulis!!

Kemarin saat liburan ke Lampung, saya sempat mengunjungi sebuah toko buku dan membeli buku tentang suka duka menulis di buku harian. Dan benar saja, isinya sangat menakjubkan. Banyak fakta-fakta luar biasa yang dapat dihasilkan hanya dengan menulis dibuku harian atau blog misalnya. sangat menginspirasi untuk kembali menulis setelah membacanya ;)

Begitu sampai rumah, saya berencana untuk kembali menulis, menyelesaikan satu tugas kuliah semester ini dan membuat beberapa note di FB. Tapi sial, ntah mengapa tangan saya yang biasanya dapat dengan cepat menari diatas keyboard, kini hanya kaku tak berkutik. Tidak mood untuk menulis tepatnya! Dan gagal lah semua rencana saya itu, hingga akhirnya sekarang saya paksakan untuk menulis beberapa ide yang telah lama ada dibenak saya.

Kalau kata Erlend dan Eirik..

There are very many things
I would like to say to you,
but i've lost my way
and I've lost my words.


Dan, lihatlah. Betapa beruntungnya saya, karena pada akhirnya saya dapat menelurkan beberapa buah ide ke dalam tulisan.^^

Menulis bagi saya amat gampang. Tapi tidak ketika begitu banyak ide hadir dan disertai stimulus dari luar yang menghambat. Itulah yang kadang membuat kita tidak fokus dalam menulis atau mentranslasikan ide ke dalam kata-kata.

Dalam menulis, saya sering sekali kehilangan cara saya, gaya saya, ataupun esensi dari menulis itu sendiri. Menulis bagi saya seperti menyuarakan kata hati yang sulit diucap dengan lisan. Untuk beberapa hal, sulit memang untuk dibicarakan lewat bibir, dan menulis menjadi sarana yang cukup ampuh untuk mengeluarkannya.

Kau dapat dengan leluasa bermain dengan kata-kata ketika kau menulis. Kau dapat menggambarkan apa saja ketika kau menulis. Kau dapat memberikan emosi apa saja ketika kau menulis. Menulislah, ketika kau sedang sedu sedan. Menulislah ketika kau sedang bahagia. Seberapa panjang tulisanmu dapat menjadi suatu bukti bahwa kau pernah ada, pernah bermain kata-kata. Tidak peduli seberapa banyak orang akan berkomentar dengan tulisanmu. Tetaplah menulis, bermain kata, dan berirama. Perlahan tapi pasti, tulisanmu itu akan membuat sebuah karya sastra yang indah.

*saya yang bukan sastrawan tapi pernah bercita-cita menjadi penulis.

Tidak ada komentar: