Laman

Sabtu, 20 Februari 2010

Sharing Movie : My Name is Khan

'There's only one difference between every human in this world. A good one and a bad one.'

Itulah pesan, yang betul-betul 'nonjok' gw, dari film menakjubkan ini.



Well, tadinya gw pikir ini cuma film India biasa yang bakal dipenuhi nyanyian dan tarian. Agak males juga lho gw tadinya buat nonton ini. 'Cause biasanya kan film India, apalagi yang dimainin Shah Rukh Khan, cepet diputer di TV.

But, nooo... A big no. Ini bukan film India biasa. Gw ga nyangka film ini ternyata sarat akan makna. Film yang rapi, manis, dan menyentuh. Tau ga, berkat film ini, gw merasa India tuh udah ngalahin Indonesia banget soal perfilman. Di saat India buat film tentang tragedi kemanusiaan gini, eh Indonesia malah bikin film setan ga jelas. Mending gitu setannya nakutin, kagak! *ups...sori ya, gw emang kalo inget film-film genre 'terselubung' a la Indonesia, bawaannya esmosi aja*

Back to the main topic, kenapa gw bilang film ini rapi? Karena film ini ga ciptain kontroversi, meski ngangkat isu yang bener-bener sensitif dan kontroversial, yaitu teroris dan segala kaitannya dengan muslim. Dialog-dialognya rapi, ngena, dan yang paling penting, sama sekali gak mencederai agama apa pun. Toleransi betul-betul ditunjukin di film ini, dan indahnya bertoleransi itu sendiri. Waktu liat tokoh utama si Rizvan Khan yang Muslim itu menghormati istrinya yang Hindu, nolong puluhan Kristen yang kena bencana dan berdoa bersama mereka, it's really touching.

Kedua, kenapa film ini manis? Karena, ya ga lain ga bukan, karena kisah cintanya. Gw bilang manis karena penceritaannya unik. Bayangin, seorang penderita sindrom Asperger (semacam keterbelakangan) bisa menyukai orang sedalem dan sekuat itu. Dan Rizvan, tokoh dengan Asperger ini, diperankan dengan baik oleh abang Shah Rukh Khan.

Terakhir, kenapa menyentuh? Ini sebenernya penilaian pribadi sih. 'Cause gw baru kali ini nangis bombay di bioskop. Apa karena ini film India? Ga juga sih. Jadi karena apa ya? Yah, kalo mau tau alasan tepatnya, tontonlah film ini.:)

Rates : ***** (very recommended)

(repost from Melliza Adisty)

tambahan pribadi :
jujur, awalnya gw agak kurang yakin klo film ini bagus, tapi begitu baca postingan dr Melliza Adisty & Sifa Fauzia gw jadi semakin yakin buat nonton. dan beruntungnya, gw ga rugi karena udah susah payah buat nonton film ini. kereeennnn bangeett ternyata!!

ada beberapa quote keren dari film ini,

"it's all about how far would you go for someone loved"

"kebencian tidak pernah membuat kita maju, justru kasih sayang dan kepedulianlah yang bisa" (Mandira)

"My name is Khan (Khan from epiglotys), and I'm not the terorist!"(Rizvan Khan)

p.s : buat anak2 psiko yang demen banget sama isu-isu lintas budaya, masalah streotype, konformitas, positive psychology atau pun peminatan klinis sangat gw sarankan utk nonton film ini. *guys, ilmu tdk selamanya didapat dari buku kan?? banyak kasus menarik di film ini yg bisa kita ambil pelajaran dan analisis bersama. hehehe..

happy watching!! ;D

4 komentar:

sifa fauzia mengatakan...

ralat.... harusnya It's all about how far would you go for someone you loved

Goodbye Fairytale mengatakan...

ohiya, thx buat ralatnya, darl!
*cuman kelebihan for doang padahal..hehe

nonton lagi yuukk!! ahaha..

Unknown mengatakan...

bel, udah nonton my name is khan? gue pengen banget nontonnn!!!! :D
eh ini url blog gue yang bawruw

Goodbye Fairytale mengatakan...

hehe..iya yuuunnn udah nonton dong gw..
lo harus nonton jugak yun! asli, keren bgt dh ini film :)

udah gw follow yaa ;)